banner 468x60

SEDEKAH SANG UMMUL MUKMININ

No comment 221 views
banner 160x600
banner 468x60

Dalam Shifat Ash-Shafwah dikisahkan tentang sedekah sang ummul mukminin Aisyah ra. Seorang wanitia yang sering mendatangi Aisyah berkisah, bahwa suatu hari Ibnu Az-Zubair ra mengirimkan sejumlah harta kepada Aisyah di dalam dua kantung.

Menerima pemberian itu Aisyah berkata, “Saya mengiranya seratus delapan puluh ribu.”

Pada saat itu Aisyah ra sedang berpuasa. Namun ia meminta mangkuk. Ternyata, mangkuk itu digunakan untuk membagi-bagikan harta yang diberikan Ibnu Az-Zubair kepada orang-orang. Tak ada yang tersisa untuk Aisyah ra barang satu dirham pun saat itu.

Di sore hari, ketika tiba waktu untuk ber-ifthor, Aisyah meminta pelayannya menyiapkan makanan untuknya berbuka puasa. Sang pelayan pun mendatangi Aisyah ra dengan membawa roti dan minyak.

Si pelayan lantas berkata, “Tidakkah engkau mampu untuk membeli daging buat kita dengan satu dirham saja dari harta yang telah engkau bagikan hari ini untuk kita gunakan berbuka?”

Namun apa yang kemudian Aisyah ra katakan kepada pelayannya sungguhlah diluar dugaan. “janganlah kamu menyesaliku, karena bila kamu mengingatkanku tadi, pastilah akan aku lakukan,” ujarnya. Subhanallah, sungguh mulia apa yang sudah dilakukannya.

 

Kisah ini diambil dari majalah Sabili Edisi 22 TH XVIII, 21 Juli 2011, hal 32.

Email Autoresponder indonesia
Tags:
author
I am Happy
No Response

Leave a Reply