banner 468x60

Pesan untuk alumni pesantren

2 comments 351 views
banner 160x600
banner 468x60

 

   MUKADDIMAH

Menurut ajaran agama Islam bahwa menuntut ilmu itu suatu kewajiban yang harus dilakukan bagi setiap pemeluknya. Karena merupakan bagian dari agama, maka memepelajari ilmu pengetahuan adalah ibadah yang penting dan memperoleh pahala yang besar. Makin berat dan susah mempelajarinya, maka makin besar pahalanya.

Namun karena ilmu itu beraneka ragam dan banyak cabang-cabangnya, maka hukum mempelajarinya pun berbeda-beda. Ada wajib ‘ain, artinya setiap individu harus mempelajari tanpa kecuali seperti ilmu yang berhubungan dengan keimanan atau akidah dan ilmu yang berhubungan dengan ibadah seperti shalat, puasa, zakat, haji dan berniaga supaya mengenal yang halal dan yang haram.

Ada yang bersifat fardlu kifayah, yaitu kewajiban kolektif seperti mempelajari ilmu kedokteran, farmasi, keamanan, kesejahteraan dan kemakmurannya dapat terwujud.

Apabila dalam suatu masyarakat sudah ada yang mempelajarinya, maka yang lain terbebasdari kewajiban agama, namun apabila belum ada satupuin yang mempelajarinya, sehingga keselamatan, keamanan, kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat terancam, maka mereka semua berdosa sampai ada yang mempelajarinya.

Adapula ilmu yang bersifat sunnah dan ada pula yang haram dipelajari, yang haram dipelajari apabila mempelajarinya menimbulkan kerusakan akidah, ibadah dan akhlak.

APA ITU PESANTREN ?

Pesantren adalah lembaga pendidikan khas Indonesia yang mempelajari ilmu agama yang merupakan wajib ‘ain dan wajib kifayah atau disebut juga sebagai lembaga tafaqum fiiddin. Landasanya adak surat – An-Attaubah ayat 122

Sesuai dengan perkembangan zaman pesantren kemudian berkembang tidak hanya mempelajari ilmu agama saja tapi juga mmepelajari ilmu-ilmu umum. Dan dikelola dengan system klasikal dan manajemen yang baiuk tanpa melepaskan jiwa kepesantrenannya yang dikenal dengan sebutan Panca Jiwa Pesantren, yaitu; Keikhlasan, Kesederhanaan, Berdikari, Ukhuwah Islamiyah dan Jiwa Bebas.

Dan memiliki Motto; Akhlakul Karimah, Berbadan sehat, Berpengetahuan Luas dan Bepikiran Bebas, sekarang banyak pesantren berdiri dengan tetap mempertahankan kitab kuning atau kutubul turats, tapi tidak etinggalan mengembangkan lembaga-lembaga pendidikan formal mulai tingkat Dasar sampai dengan Perguruan Tinggi sebagai jawaban atas tuntutan zaman. Insya Allah lembaga pendidikan pesantren model inilah yang dibutuhkan oleh masyarakat muslim Indonesia.

MENDIRIKAN PESANTREN

Mendirikan pesantren berbeda dengan mendirikan sekolah, Pesantren berdiri di mulai karena adanya seorang Kiayi kemudian dating beberapa orang yang ingin menuntut ilmu agama yang lambat laun bertambah banyak. Akhirnya mereka minta izin kepada kiayinya untuk mendirikan kobong-kobongan disekitar rumah kiayinya karena rumah kiayinya sudah tidak lagi mampu menampung, sehingga mereka lebih tekun lagi dalam belajarnya.

Namun pesantren sekarang berbeda dengan pesntren dahulu, asrama dan mesjid telah dinagun secara permanent, bahkan bangunannya pun dengan besi beton dan bertingkat menyesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan zaman?

PPMDI, FSPP, dan IKPM

Ada fenomena baru terjadi di Banten yaitu sekitar tahun 2000, dengan ditandaiberdirinya dari alumni. Pondok pesantren yang Di singkat FSPP

Berdirinya forum ini merupakan inisiatif dari almarhum KH. Hasyimi Sirady, Lc, yang mempunyai ide perlunya beberapa pesantren untuk melakukan kerjasama satu dengan yang lain supaya ternagun kemajuan di halangan pesentren, karena dirasakan kurangnya perhatian dari pemerintah atas nasib pondok pesantren merupakan Lembaga Pendidikan Islam Tertua di Indonesia dan banyak melahirkan para tokoh masyarakat, pemimpin dan mencerdaskan .kehidupan bangsa inisiatif beliau itu setelah beliau berkali mengikuti pertemuan FKPM singkatan dari Forum Komunikasi Pondok Modern di Lebak.

Forum Komunikasi Pondok Modern yang beranggotakan kurang lebih dari 10 Pondok pesantren itu telah mengadakan kegiatan segala bergilir dipesantren anggotanya, ada iuran bulanan arisan istri-istri kiayinya, saling memberikan masukan dan Bantu membantu baik untuk pengembangan kurikulum pendidikan dan pengajaran maupun pembangunan fisik dan sumber dana bahkan pernah mendirikan mini market. Suasana kekeluargaan dan persaudaraan yang tersebut menjadi inspirasi untuk membangun forum serupa di Serang dan Cilegon. Inisiatif itu di respom positif oleh penulis dan KH. Khudori kopo. Akhirmya berdirilah Forum Pesantren yang bernama Forum Silaturrahim Pondok Pesantren yang didukung tidak lebih dari sepuluh pesantren dan ketua IKPM Banten dengan kegiatan yang mirip dengan FKPM hanya waktu itu terbatas untuk wilayah Serang dan Cilegon.

Alhamdullilah forum itu setelah berjalan satu tahun, berkembang anggotanya menjadi 40 pesantren dan kemudian setelah mengadakan musyawarah dan membentuk panitia kecil disepakati dengan bulat dikembangkan menjadi FSPP yang mencakup pesantren seluruh wilayah Banten, berdasarkan hasil MUSDA I tanggal 24 Desember 2007 (?). Semoga forum ini betul-betul bekembang menjadi lembaga yang berkhidmat untuk kemajuan pendidikan dan pengajaran di pesantren di wilayah Banten, menegakkan nilai Islam, mencerdaskan kehidupan umat dan masyarakat di Banten dan tetap independent, tetap istiqomah, komitmen menjalankan Visi dan Misinya di dunia pendidikan dan dakwah menjadi perekat ummat.

PESAN KIAYI UNTUK PARA ALUMNI PESANTREN

Sebagai seorang santri yang telah menuntut ilmu beberapa tahun lamanya di sebuah Lembag Pesantren, maka sudah semestinya mengamalkan ilmu yang telah diperolehnya dengan mengajarkannya kepada masyarakat. Kalau tidak demikian, ilmunya dianggap tidak manfaat.

Apalagi ditengah-tengah masyrakat yang materialis saat sekarang ini yang mengabaikan nilai-nilai agama. Tujuan hidupnya hanya untuk kesenangan sesaat, yaitu kesenangan dunia…Yang halal dan haram tidak masuk hitungan, tentu saja prinsip ini akan membahayakan masyarakat, bangsa dan Negara bahkan akan menghancurkan, karena prinsip ini tidak mengenal pahala dan dosa. Tidak mengenal akherat yang ada di surga dan neraka. Surga akan diperoleh oleh mereka yang beriman dan bertaqwa serta beramal sholeh, sedang mereka akan diperoleh bagi mereka yang ingkar atau kafir, berbuat maksiat dan keburukan, maka kata surga dan neraka di akherat tidak ada dibenak mereka yang hanya hidup untuk kesenangan di dunia. Mereka akan menghalalkan segala cara dalam meraih cita-cita dan keinginannya , Naudzubillahi min Dzalik.

Kewajiban mengenalkan itu tidak boleh menghentikan proses belajar yang itu menang harus dilakukan sepanjang hayat dimana pun juga berda. Setiap muslim itu punya kewajiban menuntut ilmu sepanjang hayat. Masyarakat muslim hakekatnya adalah masyarakat pelajar, masyarakat yang selalu belajar mestinya menuju kemajuan disegala bidang.

Maka kiprah alumni pesantren adalah pandai melihat dan membaca situasi dan kondisi tantangan dan peluang, kemudian mempelajari dan mengkajinya berlandaskan Al-qur’an dan As-Sunnah dan ilmu pengetahuan agama yang telah dipelajari untuk kemajuan masyarakatnya, Tidak ikut-ikutan terjerumus dalam masyarakat hedonis dan materialis yang menghalalkan segala cara untuk meraih cita-cita baik politik, ekonomi, social, dan budaya.
PPMDI DI MASA DEPAN

Siapapun yang memiliki Lembaga Pendidikan pasti menginginkan menjadi Lembaga Pendidikan yang mengunggulkan, yang professional dan manfaatnya dirasakan oleh masyarakat, bangsa dan Negara dengan kiprah alumninya yang baik.

PPMDI memiliki visi bagi Lembaganya sebagai berikut : Beriman, Berilmu, Tafaqquh Fiddin dan Perduli Terhadap Lingkungan dan Misinya sebagai berikut :
1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dengan dilandasi keikhlasan dan profesionalisme dalam rangka beribadah kepada Allah SWT.
2. Menciptakan sistem pendidikan yang integral, universal, dan profosional serta berimbang dengan merujuk kepada Alqur’an dan As-Sunnah sebagai sumber aspirasi
3. mempersiapkan peserta didik untuk menjadi mu’alim (pendidik) yang cinta ilmu dan terus berupaya meningkatkan serta mengamalkannya demi perbaikan masyarakat sekitanya.

PROGRAM PENDIDIDIKAN PPMDI

1. A. TPA/TKA menyelenggarka pendidik formal
B. MI / MD
C. KMI setingkat dengan MTs dan MA
2. Membekali santri dengan kegiatan ekstrakulikuler antara lain : Olah raga, Pengajian Iqra, Seni Bela Diri, Masak memasak, Kaligrafi, Hifdzul Qur’an, Kajian Kitab Kuning, Kursus Bahasa, Nasyid, Qosidah, Marawis, Pidato 3 bahasa, Jurnalistik, Komputer, Warnet, Kepramukaan dan Marchingband

PENUTUP

Demikian sekilas tentang kiprah PPMDI di ulang tahunnya yang ke – 25 yang para alumninya ada yang telah terjun ke masyarakat di bidang pendidikan, dakwah, ekonomi dan politik. Semoga di masa yang akan dating lebih maju lagi.

Email Autoresponder indonesia
Tags:
author
quran in mY heart sciNce in mY mind
2 Responses
  1. author

    Budi6 years ago

    Assalammualaikum Wbr….Salam Hangat & salam Kenal saya Budi Mahfud dari Co_management Artis saya sudah lihat Penampilan Group Marawis El-Ma’ruf – Serang di You Tube…Penampilan Group ini menarik…saya ingin mengundang Group Anda sebagai Wakil Kesenian Religi dari Banten untuk tampil di salah Acara TV Nasional (Live) pada tgl 28 Juli bertempat di Serang bersedia atau tidak yach….nanti penampilan Group Marawis El-Ma’ruf akan main bareng dengan Band untuk mengiringi Artis Top Jakarta kalau memang bersedia mohon kasih info ke 0818811720 – 082112226070, Wassalammualaikum Wbr

    Reply
    • author

      Mitsako6 years ago

      Terimakasih atas apresiasinya 🙂
      Akan kami tindak lanjuti.

      Reply

Leave a Reply