banner 468x60

KH. Zainuddin MZ Wafat

No comment 253 views
banner 160x600
banner 468x60

Jakarta (Pinmas)–Innalillahi wa innailahi rojiun. Kiai kondang Zainuddin MZ telah meninggal dunia pada Selasa (5/7) pagi ini, sekitar pukul 09.15. Kini jenazahnya telah disemayamkan di rumah duka, di Jalan Gandaria 1 Gang Haji Aom Nomor 70 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Berdasarkan informasi, kiai Sejuta Umat itu meninggal dunia akibat terkena serangan jantung. Kiai yang bernama lengkap Zainuddin Muhammad Zein tersebut lahir di Jakarta pada 2 Maret 1951.

Zainuddin merupakan anak tunggal pasangan Turmudzi dan Zainabun dari keluarga Betawi asli. Sejak kecil ia memang sudah nampak mahir berpidato. Udin nama panggilan keluarganya-suka naik ke atas meja untuk berpidato di depan tamu yang berkunjung ke rumah kakeknya.

Kepiawaiannya berpidatonya itu tersalurkan ketika mulai masuk Madrasah Tsanawiyah hingga tamat Aliyah di Darul Maarif, Jakarta. Di sekolah ini ia belajar pidato dalam forum Talimul Muhadharah (belajar berpidato).

Kebiasaannya membanyol dan mendongeng terus berkembang. Setiap kali tampil, ia memukau teman-temannya. Kemampuannya itu terus terasah, berbarengan permintaan ceramah yang terus mengalir.

Zainuddin kemudian menempuh pendidikan tinggi di IAIN Syarif Hidayatullah dan berhasil mendapatkan gelar doktor honoris causa dari Universitas Kebangsaan Malaysia.

Beliau adalah seorang pemuka agama Islam di Indonesia yang populer melalui ceramah-ceramahnya di televisi. Julukannya adalah `Dai Sejuta Umat` karena dawahnya yang dapat menyentuh seluruh lapisan masyarakat. Ia pernah menjabat sebagai ketua umum Partai Bintang Reformasi. (Kemenag RI)

Email Autoresponder indonesia
author
quran in mY heart sciNce in mY mind
No Response

Leave a Reply