banner 468x60

Kegiatan Tahun Baru Islam di PPMDI

1 comment 310 views
banner 160x600
banner 468x60

Didalam tahun baru hijriah ini selayaknya, kita sebagai muslim yang taat, mengintrospeksi diri dengan semua apa-apa yang telah kita perbuat. Dan memilih semua bentuk amalan yang baik untuk tetap kita pertahankan dan kita tingkatkan porsi amalan yang baik untuk kita kerjakan. Dan meninggalakan semua perbuatan yang tidak bermanfaat, baik untuk diri kita ataupun orang sekitar kita.

Didalam tahun baru hijriah ini selayaknya, kita sebagai muslim yang taat, mengintrospeksi diri dengan semua apa-apa yang telah kita perbuat. Dan memilih semua bentuk amalan yang baik untuk tetap kita pertahankan dan kita tingkatkan porsi amalan yang baik untuk kita kerjakan. Dan meninggalakan semua perbuatan yang tidak bermanfaat, baik untuk diri kita ataupun orang sekitar kita.

Didalam tahun baru ini, kita senantiasa berusaha untu menjadi hamba Allah SWT yang taat akan perintahnya, dengan menjalankan semua kewajiban dan menjauhi segala larangannya. Dan bukanlah Allah SWT telah berfirman bahwa manusia adalah hambanya yang memiliki tugas untuk beribadah. Kalaulah ditahun-tahun lalu kita masih sering melakukan berbagai kekurangan, maka marilah kita kejar kekurangan-kekurangan itu dengan semangat memperbaiki diri menuju kesempurnaan, baik itu dalam beribadah, bekerja, bermasyarakat, dan berkreasi.

Adasatu sabda nabi yang mengutarakan tentang perbuatan yang tercela, adalah sebagai berikut : Artinya : “Tanda kecelakaan itu ada empat:

1. Tidak mengingat ingat dosa yang telah lalu, padahal dosa-dosa itu tersimpan disisi Allah SWT .

2. Menyebut nyebut segala kebaikan yang telah diperbuat padahal siapa pun tidak tahu apakah kebaikan kebaikan itu diterima atau ditolak.

3. Memandang orang yang lebih unggul dalam soal duniawi.

4. Memandang orang yang lebih rendah dalam hal agama. Allah SWT berfirman, aku menghendaki dia sedang dia tidak menhendaki diriku, maka dia aku tinggalkan. Sungguh sangatmalangdan tiada ungkapan bagi manusia yang ditinggalkan sang kholiq. Akan tetapi Allah SWT , maha bijaksana, sehingga ia tidak menghendaki hamba-hambanya terjerumus dalan kehancuran. Akan tetapi Allah SWT memberikan tuntunan hidup yang berupa agama Islam, yang didalamnya terdapat ajaran-ajaran yang menuju kepada kebahagiaan dan keselamatan dunia dan akhirat.

Dan pada hari itu, warga Daar El-Istiqomah juga tak kalah untuk turut serta merayakan kebahagiaan Tahun Baru Muharram, mereka banyak mengikuti lomba di berbagai tempat. Seperti prestasi yang ditorehkan grup marawis el-Ma’ruf di Mall of Serang, mereka berhasil memperoleh prestasinya di tingkat kedua dengan bimbingan dari Ust. Said Muhidin yang diketuai oleh Khulud siswa akhir KMI, dengan personil yang berjumlah 9 orang. Sedangkan Grup Nasyid Danies Voice hanya dapat memberikan kesan terbaik bagi nama Daar El-Istiqomah walaupun tanpa membawa bukti dari kerja keras mereka.

Sedangkan di tempat lainnya, SMP Islam Darussalam Pipitan, mereka berhasil memborong sejumlah piala atas kemenangan sebagai berikut ; Grup Nasyid putri Nahdatus Syahidah mendapat peringkat ke-2, membaca Al-Qur’an tartil tingkat SMP mendapat peringkat ke-3, dan untuk tilawah mendapat peringkat ke-2. suasana semakin meriah dengan adanya acara obor keliling yang diadakan dari SMP Islam Darussalam.

Walaupun banyak mengikuti lomba di luar area pondok, Daar El-Istiqomah juga tak lupa mengadakan berbagai macam lomba untuk meriahkan Tahun Baru Muharram serta mengingatkan kepada para santri dan santriwati tentang Tahun Baru Islam yang sudah mulai terkikis zaman, terlupakan dengan Tahun Baru Masehi yang tidak wajib untuk dirayakan oleh umat Islam pada khususnya. Perlombaannya dilaksanakan dari pagi sampai malam hari dengan pentas seni dari setiap kelas sebagai berakhirnya acara Tahun Baru Muharram itu. Dan hal inilah yang menumbuhkan rasa cinta para santri yang lebih dalam kepada agama mereka, Islam.

Email Autoresponder indonesia
author
quran in mY heart sciNce in mY mind
One Response
  1. author

    Mitsako6 years ago

    Waaah, ustadz Eky tarik tambang euy…

    Reply

Leave a Reply