banner 468x60

KEGIATAN MILAD 25 PPMDI, 19 Jan-21 Feb 2012

banner 160x600
banner 468x60

KEGIATAN MILAD PPMDI KE-25

Keluhuran suatu bangsa terletak pada keluhuran budi pekertinya, dan kemajuan generasinya. Sehingga suatu yayasan pendidikan yang berpegang teguh pada ajaran agama Islam, tidak akan membiarkan bangunan itu berdiri dan runtuh di kemudian hari. Dengan kemajuan teknologi yang semakin berkembang, maka yayasan pendidikan ini yang biasa kita kenal dengan sebutan pondok pesantren, tidak mau terpuruk dalam majunya ilmu teknologi.Pengenalan lembaga pendidikan dan lembaga ilmu pengetahuan sangat perlu dikumandangkan sehingga perkembangan pertumbuhan lembaga pendidikan dan lembaga ilmu pengetahuan adalah sebuah keniscayaan di era Millennium ini.Dan sudah menjadi kewjiban para pendidik untuk menanamkan budi pekerti yang luhur dalam mewarnai anak didiknya.
Untuk itu, Pondok Pesantren Modern Daar el-Istiqomah mengadakan acara milad PPMDI ke-25 agar dapat mewujudkan dasar-dasar pemikiran baru dari para pemimpin Islam untuk memajukannya dalam era Millennium ini. Selain itu, ada tujuan lain dengan diadakannya acara Milad PPMDI yang ke-25 ini yaitu sebagai rasa syukur kami kepada Ilahi Rabbi atas semua nikmatnya. Sosialisasi kegiatan pendidikan dan pencerminan kegiatan pondok pesantren pada masyarakat luas. Sosialisasi PPMDI di tingkat pemegang kebijakan pemerintah daerah dan pusat sebagai peningkatankoordinasi kerja sama antara lembaga pendidikan. Sarana percepatan kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan di pondok pesantren.Terjalinnya Silaturrahim antara pondok pesantren, sekolah, dan masyarakat.Manifestasi kegiatan struktural lembaga pendidikan.
Dengan tema “Menggali Potensi Pesantren Dan Lembaga Pendidikan Islam Menjadi Mutu Yang Terbaik Di Era Millennium”, dan dengan harapan dari bapak pimpinan PPMDI, Drs. KH. Sulaeman Ma’ruf yaitu beliau menginginkan pondok ini lebih baik dua puluh lima kali lipat dari sebelumnya sebagaimana jumlah umur pondok yang telah lama berdiri di wilayah Serang, Banten ini. Karena itu, kami menyusun acara sebaik mungkin agar dapat diterima oleh kalangan masyarakat luas yang telah tersusun sebagai berikut :
1. Pembukaan Milad 25
2. Lomba Perkemahan Penggalang dan Penegak (LP3) Tk. Pondok Pesantren Se-Banten
3. Pertandingan Futsal Tk. MTs/SMP se – Prov. Banten
4. Lomba Pidato Bahasa Arab dan Bahasa Inggris Tk. MI/SD se – Kota Serang
5. Festival Qosidah Tk. Majelis Ta’lim Ibu – ibu Pengajian
6. Festival Nasyid Tk. Umum
7. Festival Marawis Tk. Umum
8. Arena Gembira Santri PPM Daar El-Istiqomah
9. Seminar Pendidikan Tk. Umum
10. Penutupan Milad

Kegiatan-kegiatan yang tersebut diatas dilaksanakan mulai tanggal 19 Januari 2012 s/d tanggal 21 Februari 2011 dengan bertempat di lingkungan kampus Pondok Pesantren Modern Daar El-Istiqomah. Jl. Penancangan Kp. Kesawon Kel. Sukawana Serang Banten. Dan acara ini dapat berjalan lancar dengan bantuan tenaga serta pikiran para panitia yang telah terbentuk sesuai bakat dan keahlian mereka dalam mengatur acara tersebut dan menyukseskannya sesuai dengan harapan mereka yang telah terukir kuat dalam setiap jiwa mereka akan bangkitnya pondok pesantren tercinta Daar el-Istiqomah, dan para panitia itu adalah :
Sterring Committee
• Drs. KH. Sulaeman Ma’ruf
• Hj. Ma’unatul Hayat
• Rapiudin, M,Ag
• Syamsul Hadi, S.Sos.I
• Nana Naswi, S.Pd.I

Organizing Committee

Ketua : Rizki Nuansa Cantiara
Wakil : Syarifudin
Sekretaris : Muhammad Ghazali, S.Pd.I
Bendahara : 1. Fitri Kurnia Sari
2. Burhanudin

Divisi Humas : 1. Rapiudin, M.Ag
2. Syamsul Hadi, S.sos.I
3. Nana Naswi, S.Pd.I
4. Drs. Fuad Nawawi, MM
5. Ir. Imam Mahdi
6. Syahrudin
7. Encep Ichlasu Rahmatullah
8. Syarifudin
9. Rosyidi, S.Pd.I
10. Atifullah
11. Saeful Anwar, S.Pd.I
12. Ahmad Sudiro, S.Pd.I
13. Muhimin, S.Pd.I
14. Abdul Malik, M.M
15. Aspuri H Ramlan
16. Fetty Fatihatun Najihah
17. Dial Marfin
18. Rohimah
19. Nurlaila Yuningsih

Divisi Perlengkapan : 1. Muslih Fuady
2. Deri Pamungkas
3. Asma Munadiah
4. Irma Maulani
5. Mayshella
6. Meliyani

Divisi Akomodasi : 1. Muhammad Rizki Mubarok
2. Masribi
3. Masruroh
4. Junah

Divisi Konsumsi : 1. Hj. Ma’unatul Hayat
2. Iin Jumenah
3. Hiffatun Nashiyah
4. Neng Ulfah
5. Dewi Asiah
6. Elin Yufriani

Divisi Tamu : 1. Rapiudin, M. Ag
2. Nana Naswi, S.Pd.I

Divisi Kesekretariatan : 1. Ahsanul Muttaqien, M.S.I.
2. Syarifudin
3. Rizki Abdurrahman

Divisi Keamanan : 1. Said Muhidin
2. Rio Rireza Pahlevi M
3. Hulman Putra
4. Matsna Muhammad
5. Ketua-Ketua RT setempat
6. Kepala Pemuda Sukawana

Divisi PubDekDok : 1. Ahsanul Muttaqien, M.S.I.
2. Rizki Abdurrahman
3. Syarah Irfani
4. Evan Susanto, S.Pd.I
5. Syahrudin
6. Hajwini

Dan acara yang pertama adalah Pembukaan Milad yang dilaksanakan pada tanggal 19 Januari 2012 yang dibuka oleh Wakil Gubernur Prov. Banten H. Rano Karno dan dihadiri oleh Wakil Walikota Serang H. Nana Suryana, Ketua DPRD Kota Serang, Unsur MUSPIDA, Tokoh Agama dan para pejabat provinsi, kabupaten, dan kota dan lain-lain. Tetapi masih banyak kekurangan karena kurangnya koordinasi sesama panitia.Tetapi kami masih bisa mengatasi dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
Kedua, Lomba Perkemahan Penggalang dan Penegak ( LP 3 ) yang dilaksanakan pada tanggal 19-23 Januari 2012, dilaksanakan setelah pembukaan Milad PPMDI yang diikuti oleh 36 kontingen putra dan putri 360 peserta dan 40 Bindamping dari seluruh kontingen dari 15 pesantren se – Prov. Banten. Kendala kami dari panitia adalah kurangnya koordinasi perlombaan dalam kegiatan tersebut sehingga terhambatnya kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan selanjutnya. Dalam penilaian terjadi misscommunication antar panitia pelaksana kegiatan yang membuat peserta complain, akan tetapi dapat kami atasi dengan baik. Dan hasil pun menunjukkan kepada kepuasan para peserta.Sulitnya bagi panitia untuk mengatur kegiatan perlombaan karena minimnya tempat yang kami sediakan. Dan dalam lomba ini kami memperoleh para juara yang mampu menunjukkan kemampuan mereka untuk menjadi andhika sejati yaitu :
a. Juara Penegak Putra
– Juara I : Pon-Pes Modern Daar El-Falah Pandeglang
– Juara II : Pon-Pes Modern Daar El-Azhar Rangkasbitung
– Juara III : Pons-Pes Modern Darussalam Pandeglang
b. Juara Penggalang Putra
– Juara I : Pon-Pes Modern Daar El-Falah Pandeglang
– Juara II : Pon-Pes Modern Daar El-Azhar Rangkasbitung
– Juara III : Pons-Pes Modern Darussalam Pandeglang
c. Juara Penegak Putri
– Juara I : Pon-Pes Modern Al-Mizan Rangkasbitung
– Juara II : Pon-Pes Modern Assa’adah Petir
– Juara III : Pon-Pes Modern Daar El-Azhar Rangkasbitung
d. Juara Penggalang Putri
– Juara I : Pon-Pes Modern Assa’adah Petir
– Juara II : Pon-Pes Modrn Al-Mizan Rangkasbitung
– Juara III : Pon-Pes Modern Daar El-Falah Pandeglang
e. Juara Umum : Pon-Pes Modern Daar El-Falah Pandeglang

Ketiga, Lomba Futsal Tk. MTs/SMP yang dilaksanakan pada tanggal 6-9 Januari 2012 dengan berbagai kendala seperti fasilitas lapangan futsal kami yang kurang memadai bagi para peserta sehingga sering kali bola melambung tinggi mengenai bangunan yang ada di sekeliling lapangan, dan juga beberapa peserta perlombaan yang datang tidak tepat pada waktunya. Walaupun begitu, tak membuat mereka menyerah untuk memperoleh kemenangan dalam perlombaan yang telah banyak digemari oleh para kaum adam dan mereka yang berhasil adalah :
– Juara I : MTs. Manahijussadat Rangkasbitung
– Juara II : MTs. Bani Hamim Pandeglang
– Juara III : MTs. Ardaniah Serang

Keempat, Lomba Pidato Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris Tk. MI/SD se – Kota Serang yang dilaksanakan pada tanggal 11 Februari 2012 Alhamdulillah berjalan dengan baik tanpa kendala apapun dan peserta melebihi target awal yaitu 30 peserta menjadi 41 peserta. Dengan para pemenang yang telah menunjukkan aksi mereka yang sangat menggemaskan di hadapan jutaan penonton dari berbagai usia mereka adalah :
a. Lomba Pidato Bahasa Indonesia
– Juara I : MDA Daar Et-Taqwa Petir
– Juara II : MDA Nurul Iman Serang
– Juara III : TPA Shohibul Barokah Serang
b. Lomba Pidato Bahasa Inggris
– Juara I : MDA Nurul Iman Serang
– Juara II : SDIT Syifa Fikriya Serang
– Juara III : SDN Mardi Yuana Serang

Kelima, Festival Kesenian (Qosidah, Nasyid, dan Marawis) yang terlaksana pada tanggal 14-15 Januari berjalan dengan lancar kecuali untuk sound system yang masih kurang baik sehingga para juri tidak maksimal dalam menilai perlombaan. Tetapi smua berjalan lancar dengan hasil memuaskan dsalam menemukan bakat-bakat baru yana muncul seketika di atas muka bumi yaitu :
a. Festival Qosidah Majelis Ta’lim
– Juara I : MT. Bani Salim Kramat Watu
– Juara II : MT. Al-Mu’awanah Cipocok Jaya
– Juara III : MT. Assanadi Kejaban
– Harapan I : MT. Al-Banatul Hawa
– Harapan II : MT. Al-Barokah Tirtayasa
– Harapan III : MT. Nurul Hidayah Pandeglang
b. Festival Nasyid
– Juara I : Alief Voice Cilegon
– Juara II : Nanda Voice Serang
– Juara III : Unity Voice Serang

c. Festival Marawis
– Juara I : MTs N 1 Serang
– Juara II : SMP N 7 Serang
– Juara III : MI Al-Inayah Cilegon

Keenam, Arena Gembira Santri Pondok Pesantren Modern Daar El-Istiqomah yang terlaksana pada tanggal 18 Februari 2012 berjalan kurang maksimal karena minimnya pencahayaan dan kurangnya ketanggapan dari para santri dan juga penanggung jawab acara, serta pengontrolan dan pengaturan acara belum begitu maksimal dalam keprofesionalan dalam bekerja.Tetapi, hal ini tidak menyurutkan semangat mereka dalam berkarya menunjukkan aksi-aksi gemilang menggemparkan dunia karena mereka ingin dunia tahu bahwa pondok pesantren tidak sekolot pikiran mereka yang selalu menentang adanya pendidikan itu. Mereka ingin membuktikan bahwa mereka juga bisa seperti siswa/i lainnya diluar sana yang bebas bergaul mengikuti zaman tanpa memikirkan akan norma-norma agama.

Ketujuh, Seminar Pendidikan bagi umum dan pengangkatan kepengurusan IKADA ( Ikatan Keluarga Besar Alumni Daar el-Istiqomah) baru yang terlaksana pada tanggal 20 Februari 2012.Alhamdulillah terlaksana tanpa kekurangan sesuatu apapun dan peserta tanpa dipungut biaya apapun dengan fasilitas makan siang dan sertifikat bertanda tangan Kepala Dinas Pendidikan Prov. Banten. Malamnya dilanjutkan dengan acara pengangkatan kepengurusan IKADA baru yang disambut dengan kedatangan pimpinan PMDG ( Pondok Modern Darussalam Gontor ), pada malam itu beliau memberikan sepatah dua patah kata sebagai penyejuk hati kami yang masih membutuhkan bimbingan banyak dari beliau yang telah lama merasakan manis pahitnya kehidupan dari berbagai sudut dunia.

Kedelapan sebagai acara teakhir yaitu Penutupan Milad yang terlaksana pada tanggal 21 Februari 2012 yang dihadiri oleh DR. (HC) KH. Abdullah Syukri Zarkasyi, MA (Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor) , ASDA III, Sekertaris Kota Serang, Unsur MUSPIDA, Tokoh Masyarakat dan Agama Para Pimpina Pesantren Salaf dan Modern dan lain-lain dan diisi tausyiah oleh KH. Ahmad Hasyim Muzadi dan Alhamdulillah terlaksana dengan baik hanya saja ada kendala dalam Pembawa Acara yang kurang mempersiapkan kelancaran berjalannya acara. Dan sepenuhnya acara ini tidak akan berjalan dengan lancar tanpa bantuan dari pihak lainnya yang berkepentingan dan sangat menunjang dalam kesuksesan acara inidiantaranya :
a. Pendukung :
– Pemerintah Prov. Banten
– Kementerian Agama Prov. Banten
– Dinas Pendidikan Prov. Banten
– Dinas Pemuda dan Olah Raga Prov. Banten
– Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Prov. Banten

b. Sponsor :
– Forum Silaturrahim Pondok Pesantren (FSPP) Prov. Banten
– PT. Pertamina ( Persero)
– Bazda Prov. Banten, Kab. Dan Kota Serang
– PT. Yudhistira
– CV. Heny Flower’s
– Adikara Sound System


Dan untuk menyelenggarakan acara milad PPMDI ke-25 ini tidak membutuhkan biaya yang sedikit. Dari persiapan acara, dekorasi panggung, pertamanan, dokumentasi, kelengkapan peralatan perlombaan, konsumsi panitia, peserta, dan tunjangan untuk para dewan juri yang sengaja kami panggil dari luar yang sudah terkenal ahli di setiap perlombaan yang ada agar tidak terjadi kecurangan atau memihak sebelah kepada salah satu peserta lomba, dan kebutuhan lainnya yang telah dianggarkan oleh panitia yang bersangkutan serta tidak dapat kami paparkan secara rinci disini sehingga jumlah total biaya yang telah dikeluarkan untuk penyelenggaraan acara Milad PPMDI sekitar + Rp 300.000.000,00. Alhamdulillah acara ini dapat berjalan lancar walaupun ada sedikit hambatan atau kekurangan karena kami juga masih dalam proses pembelajaran untuk menjadi yang lebih baik lagi. Terima kasih kepada para pendukung dan sponsor yang telah ikut banyak membantu atas kelancaran acara ini. Semoga impian dan harapan kita yang telah tergantung di langit bisa terwujud menjadi kenyataan sesusainya acara Milad PPMDI ke-25 ini.Amien, ya rabbal alamin.

Email Autoresponder indonesia
Tags:
author

quran in mY heart
sciNce in mY mind

No Response

Leave a Reply