banner 468x60

Apa sebenarnya Visi, Misi dan Program Kerja ?

banner 160x600
banner 468x60

Visi dan Misi

Visi biasanya merupakan tujuan besar yang akan dicapai dengan berbagai tahapan-tahapan, kalau itu dalam bentuk program maka VISI itu akan diprogram dengan tahapan / jangka pendek (biasanya setahun) dan program jangka Panjang (lima tahun sampai 30 tahun mendatang). contoh, Sebuah perusahaan memiliki VISI sebagai Usaha Kerakyatan…..(usaha kerakyatan itu adalah VISI-nya) untuk mencapai itu, perusahaan tersebut harus membuat program untuk mencapai Visi ini. Nah cara mencapainya dalam bentuk program jangka Pendek dan panjang tadi disebut MISI perusahaan.

Visi secara harfiah artinya penglihatan yang akan dicapai atau sesuatu yang akan dicapai. Visi (vision) adalah pernyataan yang mendefinsikan sesuatu yang ingin dicapai perusahaan/organisasi di waktu yang akan datang. Visi lebih terkonsentrasi ke masa depan (jangka panjang, future) dan cenderung merupakan pernyataan yang sifatnya strategis.

Misi adalah cara dan tujuan untuk mencapai. Misi (mission) adalah pernyataan-pernyataan yang mendefinsikan apa yang sedang / akan dilakukan atau ingin dicapai dalam waktu (sangat) dekat atau saat ini. Misi lebih terkonsentrasi ke saat ini dan merupakan target-target yang sifatnya lebih operasional yang mungkin dikaitkan dengan customer, proses-proses dalam organisasi, serta tingkat kinerja yang diinginkan.

Program Kerja adalah program-program nyata yang mungkin untuk diimplementasikan untuk mencapai misi perusahaan atau organisasi.

Kesalahan-kesalahan serta kelemahan-kelemahan yang sering terjadi ketika mendefinisikan hal-hal di atas, diantaranya adalah:

  1. Tidak jelas bedanya antara visi dan misi
  2. Tidak ada dimensi ukur dan nilai-nilai targetnya, sehingga sulit mengukur keberhasilan pencapaiannya
  3. Program-program kerja yang tidak nyata, tidak kongkrit, tidak membumi, cenderung masih jauh di awan.

 

By. Rapiudin

Email Autoresponder indonesia
author
I am Happy
No Response

Leave a Reply